Jasa pembuatan sumur bor, artesis, submersible oleh tenaga-tenaga ahli dan berpengalaman dibidangnya.

Ragam Jenis Saringan untuk Penjernih Air

Ragam Jenis Saringan untuk Penjernih Air

penjernih air

Ragam Jenis Saringan untuk Penjernih Air

Penjernih air merupakan alat yang sangat dibutuhkan untuk memperoleh air bersih. Bagaimana tidak, air merupakan sumber kehidupan. Kita tentu sering mendengar bahwa bumi disebut sebagai planet biru. Hal itu disebabkan sepertiga permukaan bumi tertutup oleh air. Sayangnya, tidak jarang pula terjadi kesulitan mendapatkan air bersih, terutama saat musim kemarau atau saat air sumur mulai berubah warna atau berbau. Nah, di sinilah letak penting keberadaan penjernih air.

Memang, ironis jika kita melihat fakta tersebut. Namun yang pasti, kita harus tetap optimis dan berupaya keras menyelesaikan permasalahan air tersebut. Sekali pun air sumur atau sumber air lain yang kita miliki mulai keruh, kotor, dan bau, tetapi selama kuantitasnya masih banyak makakita bisa berupaya merubah atau menjernihkan air tersebutmenjadi air bersih yang layak pakai.

Sebelum memutuskan untuk membeli alat atau mesin penjernih air berharga jutaan rupiah, terdapat berbagai cara sederhana yang dapat digunakan untuk mendapatkan air bersih. Cara paling mudah dan umum yang digunakan adalah membuat penjernih air atau penyaring airsederhana. Oleh sebab itu, penting bagi kita mengenal ragam jenis saringan air untuk penjernih air. Berikut macam jenis saringan pernjernih air yang dimaksud.

Penjernih Air


Saringan penjernih air: kain katun
Pembuatan saringan penjernih air dengan kain katun merupakan teknik penyaringan paling sederhana dan mudah. Dalam prosesnya, air keruh disaring dengan kain katun hingga bersih. Saringan ini dapat membersihkan air dari kotoran dan organisme kecil pada air keruh. Adapun kualitas air hasil saringan tergantungpada ketebalan dan kerapatan kain yang digunakan.

Saringan penjernih air: kapas
Penyaringan pada penjernih air dengan saringan kapas ini dapat memberikan hasil yang lebih baik dibandingkan dengan penggunaan saringankatun. Penyaringan dengan kapas juga membersihkan air dari kotoran dan organisme kecil yang ada dalam air keruh. Hasil penyaringan pun tergantung pada ketebalan dan kerapatan kapas yang digunakan.

Saringan penjernih air: aerasi
Proses penjernihan air dengan aerasi dilakukan dengan cara mengisikan oksigen ke dalam air. Dengan masuknyaoksigen ke dalam air, zat cemar dalam air yang menimbulkan rasa dan bau tersebut bisa dikurangi dan dihilangakan. Selain itu,partikel mineral yang terlarut dalam air seperti besi dan mangan akan teroksidasi secara cepat dan membentuk lapisan endapan yang nantinya dapat dihilangakan melalui proses sedimentasi dan filterasi.

Saringan penjernih air: pasir lambat (SPL)
Saringan ini merupakan saringan air yang dibuat dengan menggunakan lapisan pasir pada bagian atas dan kerikil pada bagian bawah. Air bersih didapatkan dengan jalan menyaring air baku dengan cara melewatkan air keruh melewati lapisan pasir, lalu lapisan kerikil.

Saringan penjernih air:  pasir cepat (SPC)
Cara kerja saringan ini sama halnya dengan saringan pasir lambat. Namun pada cara ini, lapisan pasir berada di atas lapisan kerikil, tetapi arah penyaringannyaterbalik, yaitu dari bawah ke atas. Air bersih didapatkan dengan menyaring air baku yang lewat pada lapisan kerikil dulu baru kemudian melewati pasir.

Saringan penjernih air: Gravity–Fed Filtering System
Gravity-Fed filtering system merupakan gabungan dari saringan pasir cepat dengan saringan pasir lambat. Dalam penyaringan ini, air yang dihasilkan melalui dua tahap. Pertama,air disaring dengan cara SPC,lalu dilanjutkan dengan SPL. Dengan duakali penyaringan diharapakan air yang dihasilkan benar-benar bersih.

Saringan penjernih air: Arang
Saringan ini disebut pula sebagai saringan pasirarang, yaitu saringan pasir dengan tambahan berupa satu lapisan arang. Lapisan arang ini efektif dalam menghilangkan bau dan rasa yang ada pada air baku. Arang yang digunakan dapat berupa arang kayu atau arang batok kelapa.

Saringan penjernih air: tradisional atau sederhana
Saringan ini merupakan modifikasi dari saringan pasir arang dan saringan pasir lambat. Selain menggunakan pasir, kerikil, batu, dan arang, saringan tradsional ini juga ditambah lapisan ijuk atau serabut kelapa.

Saringan penjernih air: keramik
Saringan ini dapat disimpan dalam jangka waktu lama dan digunakan untuk keadaan darurat. Air bersih yang di dapatkan dengan jalan penyaringan yaitu melalui elemen filter keramik. Penyaringan tersebut telah diberi campuran dengan tambahan perak yang berfungsi untuk membunuh bakteri. Dalam proses penyaringan perlu anda ketahui bahwa air baku dapat  menahan lama. Hal ini tentunya bisa menyumbat pada bagian permukaan filter. Sehingga untuk pencegahan tersebut sebaiknya air yang di masukan jangan terlalu keruh atau kotor.

Saringan penjernih air: cadas
Saringan ini hampir sama seperti saringan keramik. Bedanya, air yang disaring menggunakan pori-pori cadas. Umumnya, saringan bentuk ini banyak digunakan oleh masyarakat yang dekat dengan saluran irigasi, sawah, dan sumur gali.

Demikian pembahasan singkat Ragam Jenis Saringan untuk Penjernih Air. Bagi Anda yang ingin memiliki sumur bor air bersih, hubungi segera bor-indonesia. (Jng/RA)

0 komentar:

Posting Komentar

Kata-kata Hikmah..! Jelang Pemilu, Jangan Golput ! Di Pemilu 2009